Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

RSS

Di berbagai belahan dunia ini banyak sekali kode, dimulai dari kata sandi sampai kode-kode dengan tulisan tidak jelas, dan banyak juga kode yang telah berhasil dipecahkan dengan bantuan Internet dan berbagai orang pintar yang menemukan pola di belakangnya. Tapi di antara kode-kode tersebut, ada yang belum terpecahkan.Ada 5 kode termisterius yang belum pernah terpecahkan hingga sekarang ini.



1. The Phaistos Disk

phaistos disk
Berbentuk bulat, dengan ukuran 15 cm, terbuat dari tanah liat, dipekirakan berasal dari 1700 tahun sebelum masehi dan belum terpecahkan hingga sekarang ini, itulah Phaistos Disk. Phaistos Disk adalah bukti nyata dari tulisan hieroglyph (tulisan mesir kuno).  Memiliki 45 simbol yang berbeda, beberapa di antaranya telah diketahui memberikan arti orang, alat, tumbuhan dan binatang, tapi simbol lainnya sama sekali tidak dapat diartikan karena betul-betul berbeda dari zamannya. Sampai sekarang para peneliti tetap tidak dapat menemukan arti di belakang kode ini.

2.Kryptos

Kryptos adalah sebuah pahatan yang dapat ditemukan di kantor CIA yang terletak di Langley, Virginia, United States. Sejak kemunculannya, telah banyak spekulasi dan telah menjadi sebuah perhatian setiap karyawan CIA dan berbagai pemecah kode. Pahatan itu berisikan sekitar 869 karakter, akan tetapi pemahatnya, James Sanborn, merilis informasi bahwa huruf yang dimaksudkan di kode utama hilang. Jadi totalnya ada 870 karakter.
 Orang pertama yang mengatakan berhasil memecahkan 3 bagian kode tersebut, pada tahun 1999, berhasil mengartikan 768 karakter. akan tetapi, 97 (98) karakter sisanya, masih tidak dapat dipecahkan hingga sekarang ini. Ini juga adalah bagian yang sama membuat pemecah kode tersebut.

3. Linear A
linear a
Linear A adalah salah satu dari 2 aksara atau tulisan yang berbahasa Crete (salah satu pulau Yunani). Selain Linear A, ada Linear B yang berhasil dipecahkan oleh Michael Ventris pada tahun 1952. Tapi Linear A masih belum dapat dipecahkan, setengahnya berhasil dibaca karena mengarah ke Linear B. Walaupun menggunakan bahasa yang sama, jika Linear B diterapkan ke Linear A, bahasanya sangat aneh dan tidak dikenal di bahasa apapun. Dipercaya ada hubungan antara Linear A dan The Phaistos Disk.

4.Beale Chipers



Beale Ciphers adalah kumpulan tiga ciphertext (kepingan berisi tulisan) yang diyakini menunjukkan tempat adanya harta karun berupa emas, perak, dan permata di AS. Kepingan ini awalnya diperoleh seorang lelaki misterius bernama Thomas Jefferson Beale pada tahun 1818 di Colorado.

Dari ketiga kepingan yang ada, hanya ciphertext kedua yang sudah berhasil dipecahkan. Deklarasi kemerdekaan AS menjadi kunci atas pemecahan sandi tersebut. Sebuah hal yang unik, mengingat nama penulis naskah deklarasi kemerdekaan adalah Thomas Jefferson. Nama ini sama dengan nama orang yang menemukan ketiga kepingan tersebut.

Sandi pada kepingan kedua mengungkapkan jika harta karun terdapat di Bedford county, Virginia. Namun, lokasi pasti di mana harta itu terkubur diyakini terdapat pada dua keping sandi yang belum terpecahkan hingga kini.

5.Manuskrip Voynich


Voynich Manuscript adalah buku setebal 240 halaman yang hingga kini tidak diketahui asal usulnya. Para ahli memperkirakan buku ini ditulis antara tahun 1404 hingga 1438. Namun, mereka belum mengetahui siapa penulis dan apa alasan buku ini ditulis.

Voynich Manuscript ditulis dengan bahasa asing dan dilengkapi dengan gambar-gambar tanaman yang aneh. Ada banyak teori yang memperkirakan asal usul serta fungsi Voynich Manuscript. Beberapa percaya bahwa buku ini adalah farmakope, yakni buku standar obat yang menguraikan bahan obat-obatan sekaligus khasiatnya. Ilustrasi gambar yang tampak seperti kombinasi antara benda astronomi dan tanaman membuat beberapa orang lain percaya bahwa Voynich Manuscript adalah terkait alien.

Semua teori tersebut ternyata memiliki satu kesamaan. Mengingat waktu, uang, dan hal-hal rinci yang diperlukan untuk membuatnya, tidak ada satu pun teori yang menyatakan jika Voynich Manuscript adalah buku yang dibuat sebagai lelucon.
 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar