Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

RSS



Negara Indonesia merupakan negara yang terkaya akan kekayaan alamnya, namun tidak dimanfaatkan dengan baik karena kurangnya pengetahuan dan teknologi. Justru dengan kata lain kita di jajah untuk status ekonomi negara. Indonesia memiliki jumlah kepadatan menduduk yang sangat banyak namun penempatannya tidak merata.  Indonesia merupakan orang yang konsumtif, lebih mengarahkan untuk membeli hasil orang lain dan bangga akan produk luar negeri.

Salah satu masalah besar yang dihadapi negara ini adalah Korupsi .Negara ini tidak bisa  lepas dari korupsi ,Justru lembaga KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) ikut korupsi. Kepedulian akan negara dan rakyat-rakyat kecil sangat tidak dipedulikan dan dilantarkan. 


"Siapa yang menjadi penerus bangsa ?" Siapa lagi kalo bukan kita anak muda yang tergerak akan semangat cinta dan peduli akan bangsa. Namun sering kali menjadi konflik di antara remaja seperti kurang pergaulan dan kepedulian akan sekolah lain, menyebabkan terjadinya penyimpangan sosial semisal; Tawuran antar pelajar, Balap liar, Penggunaan Narkoba dll bentrok karena dianggap sebagai musuh, menjadi sok tangguh diantara sekolah lain dan sebagainya.
Berikut ini alasan "Mengapa negara Indonesia sulit megalami kemajuan" :

1. Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi
Pertumbuhan Penduduk yang tinggi dinilai menjadi pokok masalah sulit majunya Indonesia karena tingkat pertambahan penduduk di negara berkembang umumnya lebih tinggi dua hingga empat kali lipat dari negara maju. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendidikan dan budaya di negara berkembang yang berbeda dengan di negara maju. Hal tersebut dapat mengakibatkan banyak masalah di masa depan yang berkaitan dengan makanan, rumah, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Solusi dari pemerintah menghadapi pertumbuhan penduduk yaitu;
  •  Menggalakkan program KB atau Keluarga Berencana untuk membatasi jumlah anak yaitu 2 anak setiap keluarga
  • Menunda masa perkawinan agar dapat mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi.

2. Tingkat Pengangguran Tinggi
Akibat dari tingginya pertumbuhan penduduk mengakibatkan persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi tinggi. Jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada kesempatan lapangan kerja yang tersedia dan tungkat pertumbuhan keduanya yang tidak seimbang dari waktu ke waktu.ditambah banyaknya pekerja asing masuk ke Indonesia yang membuat para pekerja Indonesia semakin Kesulitan mendapatkan pekerjaan. Beberapa cara mengatasi Pengganguran yaitu;


  • Mendorong Majunya Pendidikan
Biar bagaimanapun, pendidikan merupakan faktor utama seseorang dalam memilih dan mendapatkan pekerjaan. Walaupun masih banyak para sarjana yang menjadi pengangguran, namun biasanya apabila seseorang mau bekerja dalam suatu prusahaan, pendidikan adalah salah satu hal yang dipersyaratkan.

  •  Program pelatihan kerja

Pengangguran kebanyakan disebabkan oleh masalah tenaga kerja yang tidak terampil dan ahli. Selain berpendidikan, perusahaan lebih menyukai calon pegawai yang sudah memiliki keterampilan atau keahlian tertentu. Masalah tersebut amat relevan di Negara kita, mengingat sejumlah besar penganggur adalah orang yang belum memiliki keterampilan atau keahlian tertentu. Program ini dapat berjalan dengan baik apabila ada saling kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

  • Meningkatkan dan mendorong kewiraswastaan

Masalah pengangguran menjadi sedikit terpecahkan apabila muncul keinginan untuk menciptakan lapangan usaha sendiri atau berwiraswasta yang berhasil. Cara ini sebenarnya berpeluang besar dalam mengurangi pengangguran dalam masyarakat, karena dalam berwiraswasta tidak menuntut pendidikan yang tinggi. Namun biasanya yang dibutuhkan hanya sedikit modal dan keuletan dalam menjalankan usahanya.

  •  Meningkatkan program transmigasi

Tingkat pengangguran yang dialami masyarakat terutama yang berada di Pulau Jawa dapat sedikit teratasi apabila masyarakat bersedia untuk ikut program transmigrasi. Apalagi kalau kita melihat masyarakat yang tinggal di daerah kumuh di kota-kota besar. Kenapa mereka tidak diikutkan program transmigrasi saja.?

Padahal kalau saya rasakan sendiri, daerah di luar Pulau Jawa lebih banyak menyediakan  lapangan pekerjaan. Baik peluang berwiraswasta maupun pekerjaan di perusahaan lebih terbuka lebar. Apalagi bagi Anda yang mempunyai pendidikan tinggi, tidaklah terlalu sulit untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang besar.

 
3. Tingkat Produktivitas Rendah
Jumlah faktor produksi yang terbatas yang tidak diimbangi dengan jumlah angkatan kerja mengakibatkan lemahnya daya beli sehingga sektor usaha mengalami kesulitan untuk meningkatkan produksinya. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi setiap pekerja menginggat ,Setiap Pekerja harus mempunyai mutu pendidikan yang tinggi sehingga dapat meninggkatkan Produktivitas kerja dan penghasilan 

4. Kualitas Hidup Rendah
Akibat rendahnya tingkat Produktivitas maka penghasilan pun menjadi rendah  yang menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan, dll. Banyak yang kekurangan gizi, tidak bisa baca tulis, rentan terkena penyakit, dan pada akhirnya kemiskinan pun yang terjadi di negeri ini.  

5.Ketergantungan Tinggi Pada Perekonomian Eksternal Yang Rentan

Negara berkembang seperti Indonesia umumnya memiliki ketergantungan tinggi pada perekonomian luar negeri yang bersifat rentan akibat hanya mengandalkan ekspor komoditas primer yang tidak menentu.
Tapi itu menurut pendapat dan survey tahun 2012, ditahun 2015 sekarang sudah berbeda, Indonesia memiliki kesatuan yang pesat dan pengaruh globalisasi mempercepat pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Indonesia namun status ekonomi dan pemerintahan masih belum stabil dan masih di ambil alih oleh negara lain. Namun hal ini sering menemui kendala internal ,seperti perebutan kekuasaan ,Permainan Politik, dll
Dari artikel diatas selain faktor manusia harus juga diimbangi dengan kekompakan dan tekad masyarakatnya agar dapat mengubah Indonesia yang lebih baik. Dari faktor-faktor diatas semoga kita(Pemuda Indonesia) yang mempunyai peran besar yaitu memajukan bangsa Indonesia agar menjadi lebih baik, Dimulai dengan mengintrospeksi diri sendiri sehingga Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara berkembang dan disegani oleh negara-negara maju di dunia. MERDEKA!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar