Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

RSS

Banyak orang yang tidak mengetahui dan tidak sadar bahwa sebenarnya banyak produk kita yang diakui kualitasnya di luar negeri. Dan produk kita juga dijadikan sebuah standar untuk organisasi tingkat dunia. Maka dari itu ayo kita tumbuhkan rasa "Cinta Produk Indonesia" dengan lebih memilih barang-barang buatan lokal daripada barang impor. Toh barang imporpun sebenarnya banyak yang merupakan buatan lokal namun diberi label dari negeri lain dan kemudian dijual lagi di negeri kita sendiri. Hal ini berarti bisa dibilang membodohi diri sendiri.
Berikut 10 produk buatan Indonesia yang mendunia:

1. “Star 50″ buatan PT PAL Indonesia merupakan salah satu kapal terbaik di dunia.


Kapal “Star 50″ sepanjang 189,840 meter dan lebar 30,50 meter ini merupakan Kapal Double Skin Bulk Carrier (DSBC) Erlyne 50.000 Dead Weight Tonnage (DWT) yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia. Merupakan salah satu kapal terbaik di dunia untuk kelas kapal berbobot mati 50.000 ton. Kapal ini sepenuhnya hasil rancang bangun putra-putri Indonesia. Star 50 menggunakan kandungan lokal 35 persen hingga 45 persen dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan memiliki kecepatan maksimal 14,5 knot. Setelah diuji coba di lautan, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 16,5 knot. Kualitas kehalusan bodi kapal ini tak kalah dengan kapal-kapal asing. Azurite Invest Ltd, British Virgin ILand, Singapura telah memesan kapal jenis niaga ini. Kapal DSBC Erlyne 50.000 DWT adalah kapal kesembilan dari kapal kelas DSBC yang berhasil diekspor ke sejumlah negara. Beberapa negara yang pernah mengimpor kapal jenis ini adalah Hongkong (4 unit) , Jerman (2 unit), Turki (2 unit) dan Singapura (1 unit).
  
2. "BONEKA BARBIE" Merupakan Produk Mainan Indonesia yang mendunia


Boneka Barbie adalah boneka cantik yang terkenal dan terlaris di dunia. Boneka ini pertama kali di perkenalkan di American International Toy Fair pada tahun 1959. Boneka dan aksesoris mainan yang berasal dari Amerika Serikat ini, dibuat dengan ukuran skala kurang lebih 1/6 dari ukuran sesunguhnya. Dalam proses pembuatan boneka Barbie ini, ternyata hanya ada 2 pabriknya di seluruh dunia. Pabrik pertama berada di China dan pabrik kedua di Jababeka Cikarang, Jawa Barat, Indonesia.


3. Airbridge (tangga belalai menuju pintu pesawat) yang terkenal di bandara dunia pertama kali dibuat oleh PT Bukaka Teknik Utama, Indonesia.

 Apakah anda mengetahui apa yang di sebut AIRBRIDGE? Mungkin nama ini asing di telinga, tetapi anda mungkin sudah sering menggunakannya. AIRBRIDGE adalah tangga belalai yang di gunakan saat penumpang pesawat akan menuju pintu pesawat. Dan ternyata AIRBRIDGE yang banyak di gunakan di bandara-bandara di dunia ini, pertama kali di buat oleh PT Bukaka di Indonesia.
PT Bukaka Teknik Utama merupakan Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan Airbridge yang memberikan pelayanan terhadap para penumpang pesawat terbang. Passenger Boarding Bridge merupakan lorong yang menghubungkan pintu pesawat terbang dengan Airport Building (terminal keberangkatan), sehingga Passenger Boarding Bridge berfungsi sebagai tempat berjalannya para penumpang dari Airport Building menuju pesawat dan juga dari arah sebaliknya. Dalam proses penggunaan passenger Boarding Bridge dipandang lebih baik dari penggunaan landing stair yang sebelumnya banyak digunakan.

4. Seragam serdadu NATO diproduksi oleh PT Sritex, Solo, Jawa Tengah.
 

Di awali dengan seragam NATO yang di produksi Indonesia. NATO atau North Atlantic Treaty Organization adalah sebuah organisasi  internasional untuk keamanan dunia sebagai bentuk dukungan persetujuan antara Atlantik Utara yang di tanda tangani tahun 1949. Dari ke 28 negara anggotanya, Indonesia memang bukan termasuk salah satunya, tetapi Negara kita ternyata secara tidak langsung punya andil di organisasi yang berpusat di Brussels, Belgia tersebut. Yakni dalam hal seragam serdadu NATO yang gagah itu, ternyata di produksi oleh sebuah perusahaan yang bernama PT Sritex yang berada di Solo, Jawa Tengah.PT Sritex juga memproduksi seragam tempur, jaket, cover all, rompi, tenda, sepatu dan lain-lain. Perusahaan ini melayani pembuatan seragam militer untuk 25 negara, yakni, Indonesia, Australia, Brunei, Kamboja, Siprus, Inggris, Jerman, Kuwait, Lebanon, Nepal, Oman, Papua, Filipina, Qatar, Singapura, Somalia, Sudan, Swiss, Arab, Zimbabwe, Austria dan terakhir Timor Leste. Karena masuk pasar ekspor, harga jual produk di luar negeri pun menyesuaikan. Harga rata-rata jaket militer anti infra red yang siap dikirim ke Jerman sebesar US$150 atau senilai Rp 1.395.000 (1 US$=Rp 9.300). Untuk penjualan di outlet Solo harga per jaket berkisar Rp.150.000. Seragam militer yang siap dikirim ke Abu Dhabi dijual dengan harga rata-rata US$300. PT Sritex mampu memproduksi garmen sebanyak 2,5 juta set per bulan, dengan rata-rata pertumbuhan 15%-20% per tahun Kapasitas ini naik dari kapasitas sebelum adanya perluasan industri, 1,5 juta set per bulan.  

5. Sepeda Polygon, 'Merek Sepeda yang dibuat di Sidoarjo,Jawa Timur'

Bagi penggemar olahraga sepeda tentu tak asing dengan merek yang satu ini. Adalah PT Insera Sena, produsen sepeda Polygon yang berdiri sejak 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur merupakan pembuat dan perakit sepeda untuk pasar luar negeri. Pada tahun 1991, Insera mulai memproduksi sepeda bermerek Polygon dan sepuluh tahun kemudian mengekspor produknya tersebut ke Singapura, Malaysia. Lalu dua tahun terakhir, mulai menjelajah ke Australia. Dari seluruh unit sepeda yang di produksi, 30% menggunakan merek Polygon, 20% nya untuk pasar lokal, sedangkan 10% nya untuk ekspor ke luar negeri terutama untuk sepeda jenis Mountain Bike Cosmic dan Colossus.

7. Knalpot Mercedes Benz adalah buatan Indonesia (industrinya berada di Purbalingga, Jawa Tengah).

Siapa yang tidak tahu mobil mewah bermerek Mercedes Benz? Kendaraan prestisius asal Jerman tersebut banyak di miliki oleh orang-orang menengah atas, baik di dunia maupun di Indonesia. Merek mobil tertua di dunia itu, ternyata mempercayai Indonesia untuk bekerja sama dengannya dalam memproduksi mobil mereka. Yakni knalpot mobil Mercedes Benz dibuat di Indonesia yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah. Perusahaan mobil mewah asal Jerman tersebut memesan sebanyak 1.000 unit knalpot. Pemesanan sejak 2004 untuk masa kontrak 1 tahun. Setiap unit knalpot terdiri 2 bagian. Harga per unit, sesuai kontrak sebesar Rp.2 juta. Terakhir pihak Mercy sudah memesan lagi knalpot sebanyak 1.000 unit untuk mobil seri terbarunya. Setiap 5 tahun Mercy selalu mengeluarkan seri terbaru. Selain melayani pesanan Mercy, knalpot buatan Purbalingga juga dijual untuk masyarakat umum di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Knalpot untuk pasar lokal dijual pada kisaran Rp.35 ribu hingga Rp.250 ribu per unit. 

8. Radio Magno " Dibuat oleh pengrajin asal Temanggung"

 Anda pasti sering mendengar radio bermerek seperti Sony, Aiwa, Philips, dan merek-merek elektronik lain buatan luar negeri. Namun, pernahkah Anda mengenal radio bermerek Magno?
Yaitu sebuah radio kayu asli buatan Indonesia yang sudah menebar frekuensi sampai Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Inggris, dan Prancis. Konsep yang di tawarkan oleh Magno tergolong unik, yakni produknya di finishing dengan minyak kayu bukan Pernis. Karenanya sang pemilik harus rajin merawat radionya secara berkala agar tetap prima.

Singgih Susilo Kartono adalah seorang pembuat radio kayu dan kerajinan tangan di Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Singgih adalah sosok yang mewakili berkembangnya kesadaran bahwa batas negara dan daya tarik kota besar makin tak relevan sebagai determinan berkembangnya industri kerajinan. Internet memungkinkan Singgih memasuki pasar dunia.
Awalnya Singgih mendesain radio kayu adalah ketika ia membuat karya akhirnya saat ia kuliah di seni rupa ITB. Pada mulanya Singgih hanya membuat rangka atau kemasan, sedangkan untuk peralatan elektronik di dalamnya, ia mengambil peralatan Panasonic yang ia beli di toko, dengan alasan memenuhi syarat ketat ramah lingkungan untuk pasar ekspor. Hingga suatu waktu ia bertemu dengan Pak Rachmat Gobel (Preskom Panasonic Indonesia) pada pameran produksi ekspor.

9.Toyota Kijang Innova, mobil terpopuler di Uni Emirat Arab. Sepenuhnya diproduksi di Indonesia.

 Tahukah anda bahwa Toyota Kijang Innova begitu terkenal dan banyak dipakai di negara kaya minyak, Uni Emirat Arab. Siapa yang mengira negara yang banyak sekali mendatangkan mobil-mobil mewah dunia itu, ternyata Toyota Innova justru merupakan mobil yang sangat populer di sana. Toyota Kijang Innova sebagaimana yang dikenal di Indonesia diproduksi sepenuhnya di Indonesia. Tidak ada lagi tempat lain di dunia yang memproduksi kendaraan tersebut. Meskipun dikelola oleh perusahaan Jepang, ternyata apa yang diproduksi di Indonesia mampu menembus pasar yang sangat potensial di luar negeri. Bukan hanya itu, di Dubai banyak pula Daihatsu Terrios melintas di berbagai jalan. Daihatsu Terrios ternyata juga merupakan mobil buatan pabrik Daihatsu Astra Motor di Sunter, Jakarta. Ini berarti semakin banyak mobil buatan Indonesia yang mampu menembus pasar dunia.

10. ALAT PEMBASMI KANKER OTAK


Dan karya anak bangsa yang terakhir adalah alat pembasmi kanker otak. Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia atau MITI yang bekerja sama dengan CTech Laboratory telah berhasil menemukan alat pembasmi kanker otak. Dengan alat tersebut, Warsito yang asli Karanganyar itu menciptakan empat perangkat pembasmi kanker payudara dan kanker otak. Perangkat itu terdiri atas brain activity scanner, breast activity scanner, brain cancer electro capacitive therapy, dan breast cancer electro capacitive therapy.

Brain activity scanner dibuat Warsito sejak Juni 2010. Alat tersebut berfungsi mempelajari aktivitas otak manusia secara tiga dimensi. Bentuk alat tersebut mirip helm dengan puluhan lubang connector yang dihubungkan dengan sebuah stasiun data akuisisi yang tersambung dengan sebuah komputer.

Alat itu bisa mendeteksi ada tidaknya sel kanker di otak. "Dengan alat itu, juga bisa dilihat seberapa parah kanker otak yang diderita pasien," jelas Warsito.
Cara kerja alat pembasmi kanker otak ini adalah dengan menerapkan metode listrik statis, dan sudah diujikan oleh penderita kanker otak kecil. Setelah di aplikasikan selama 2 bulan, pasien tersebut dinyatakan sembuh total. Metode radiasi listrik statis berbasis to
mografi ini, sepenuhnya hasil karya anak bangsa Indonesia yang akan menjadi terobosan dalam dunia kedokteran di dunia.


Dengan Informasi diatas semoga kita dapat lebih menghargai produk-produk buatan Indonesia ,karena faktanya Produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan produk-produk dalam negeri tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

maghriza mengatakan...

izin kopi pos dan gambarnya ya gan?

Posting Komentar