Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran

RSS

Bersepeda Dikala Musim Hujan – Saat ini musim menjadi tidak menentu kadang panas lalu tiba-tiba hujan datang. Bagi Anda yang biasa bersepeda ke kantor ,kampus ataupun sekolah bahkan bersepeda jarak jauh, ada baiknya perhatikan cuaca agar tetap aman dan nyaman saat mengendarai sepeda.
Kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat bersepeda di musim hujan agar lebih aman serta tak mudah terserang Penyakit:

1.Bawa selalu mantel hujan

Tidak ada salahnya membawa mantel hujan saat mengendarai sepeda, karena hujan tak dapat diprediksi datangnya. Dengan menggunakan mantel hujan, tubuh akan tetap kering walau hujan menerpa. Salah satu penyebab datangnya penyakit seperti flu atau demam adalah tubuh yang basah karena air hujan.

2.Kantong plastik, penyelamat barang bawaan Anda

Kantong plastik dapat menyelamatkan barang bawaan Anda dari kerusakan, terutama benda elektronik seperti laptop,notebook dll. Tujuan utama barang bawaan dimasukkan ke dalam kantong plastik, agar tetap kering dan dapat digunakan sedia kala walau terkena terpaan air hujan. Walaupun Anda memiliki tas yang anti air sebenarnya tak sepenuhnya dapat menahan derasnya air hujan.

3.Memiliki visibilitas bersepeda harus lebih tinggi

Saat mengendarai sepeda di musim hujan, usahakan anda memiliki visibilitas lebih tinggi dibandingkan bersepeda dikondisi lainnya. Maksudnya disini adalah dengan mewaspadai kendaraan yang melaju disekitar Anda. Gunakan lampu sepeda dan jas hujan dengan warna mencolok agar dapat diketahui oleh pengendara lain saat hujan lebat.

 4.Gunakan rem secara pelan-pelan

Saat mengerem, usahakan jaga jarak serta mengerem jangan tiba-tiba karena permukaan ban lebih licin dan tak bisa mencengkeram jalanan yang terkena air hujan. Saat mengerem usahakan secara perlahan agar ban tak selip dan laju sepeda akan berkurang.selain itu juga untuk mengindari tabrak belakang dengan kendaraan lainnya.

5.Konsumsi Multivitamin

Apabila badan terasa kurang fit setelah bersepeda, segera konsumsi multivitamin agar tubuh menjadi lebih segar kembali dan dapat bersepeda lagi. Selain itu Vitamin dapat juga menahan penyakit masuk ke tubuh akibat kelelahan bersepeda

6. Menyuci sepeda setelah digunakan

Bersepeda saat musim hujan akan membuat sepeda menjadi kotor karena air serta kotoran yang menempel. Saat tiba di rumah, cucilah sepeda atau siram sepeda agar kotoran tak melekat pada badan sepeda atau komponen lain. Setelah itu gunakan kain kering  atau lap dan bersihkan sisa air agar tak terjadi karat pada sepeda.

Saya telah membahas tips bersepeda saat musim hujan, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda. Ingatlah Jangan Bersepeda  disaat hujan Jika tidak membawa Mantel Hujan,Karena tubuh yang basah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar